Langsung ke konten utama

"𝗠𝗮𝗻𝗮𝗸𝗶𝗯 𝗦𝘆𝗲𝗶𝗸𝗵 𝗔𝗯𝗱𝘂𝗹 𝗤𝗮𝗱𝗶𝗿 𝗔𝗹-𝗝𝗮𝗶𝗹𝗮𝗻𝗶: 𝗗𝗼𝗮, 𝗣𝗲𝗻𝗴𝗮𝗷𝗮𝗿𝗮𝗻, 𝗱𝗮𝗻 𝗞𝗲𝘂𝘁𝗮𝗺𝗮𝗮𝗻 𝗦𝗽𝗶𝗿𝗶𝘁𝘂𝗮𝗹𝗶𝘁𝗮𝘀 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗞𝗶𝘁𝗮𝗯 '𝗝𝗮𝘄𝗮𝗵𝗶𝗿𝘂𝗹 𝗠𝗮'𝗮𝗻𝗶' 𝗕𝗮𝗴𝗶𝗮𝗻 𝟭𝟰"

BIOGRAFI IMAM SIBAWAIH

Biografi Imam Sibawaih

Mendengar nama Imam Sibawaihi, siapa yang tak kenal dengan sosoknya. Semua orang yang pernah mempelajari ilmu nahwu dan sharaf tentu pernah mendengar nama Sibawaih. Beliau merupakan seorang imam ahli nahwu yang sangat terkenal. Nama lengkapnya adalah Amr Bin Utsman Bin Qanbar Abu Bisyr, namun lebih dikenal dengan julukan Sibawaih. 

Sibawaih sendiri merupakan sebuah gelar dirinya atau laqab yang berasal dari perkataan Farsi. Gelar tersebut menunjukan kemasyhuran nama, hingga nama aslinya sendiri jarang diketahui oleh banyak orang. Dan adapun ‘amru merupakan nama Arab yang diberikan oleh bapaknya, meskipun beliau bukan berasal dari keturunan Arab.

Menariknya walaupun Imam Sibawaih ahli bahasa Arab tapi ia bukanlah orang Arab, melainkan Persia. Artinya, ia menggunakan bahasa Persia sebagai bahasa ibu dan bahasa Arab menjadi bahasa asing yang dipelajarinya. Namun, ia mampu menjadi pakar dalam bahasa asing (bahasa Arab) tersebut melampaui penutur aslinya.

Jika kita bertanya dengan menyebut nama Sibawaih ke orang Persia di Shiraz, mereka tidak akan mengerti. Mereka mengenalnya dengan nama Sibuyeh. Sibawaih adalah sebutan atau aksen orang Arab untuk menyebut Sibuyeh dalam bahasa Persia.

Julukan tersebut memang berakar dari bahasa Persia dari kata “sib” dan “bu”. Sib berarti buah apel. Sedangkan bu bermakna harum atau bau sesuatu. Sehingga jika digabungkan Sibuyeh memiliki arti orang yang aroma tubuhnya seperti harum apel.

Riwayat Pendidikan
Sibawaih mempunyai 7 guru yang disebutkan dalam karyanya yaitu, al-Kitab: Al-Khalil, Yunus ibn Habib (w. 182/798), Abu Amr ibn al-Ala’ (w. 154/770), Isa ibn Umar (w. 149/766), Abu al-Khattab, Ibn Abi Ishaq (w. 117/735), dan Harun ibn Musa. Beliau melanjutkan pendidikannya di Bashrah hingga mendapat gelar imam nahwu yang agung. 

Ilmu pengetahuan pertama yang ia pelajari adalah fikih dan hadis. Sibawaih mempelajari hadis dari Hamad Bin Sahnah, gurunya. Ia mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bahasa Arab hingga ia mahir dan menjadi ahli di bidang tersebut. Setelah Sibawaih memutuskan beralih untuk mempelajari ilmu bahasa Arab, ia berguru kepada Al-Khalil bin Ahmad Al-Farahidi yang berdasarkan riwayat merupakan seorang murid dari Abu Amr bin Al-A’la, seorang ahli qira’ah sab’ah. 

Beliau berguru kepada Al- Khalil dengan penuh suka cita. Tekad kuat dan kemauan yang tinggi. Ia mengikuti semua gurunya bagaikan bayangan mengikuti benda. Pengaruh gurunya memberikan pengaruh besar pada karya-karya Sibawaih. Sibawaih termasuk ulama yang berjasa dalam pengembangan dan penyempurnaan ilmu nahwu bashroh. 

Beliau adalah salah satu murid Al Kholil bin Ahmad yang diakui kecerdasan dan kepandaiannya dalam masalah nahwu tentang amil dan awamil yang kemudian oleh beliau dikumpulkan menjadi al-Kitab dimana di dalamnya banyak tertuang pemikiran-pemikiran al Kholil. 

Fakta yang ada dalam al-Kitab pula telah terjadi perbedaan pendapat di antara al-Kholil dan Sibawaih pada beberapa permasalahan ilmu nahwu. Tidak hanya puas dengan ilmu nahwu dan ilmu bahasa Arab kepada Al-Khalil saja, Sibawaih juga berguru pada Yunus bin Habib, Isa bin Umar dan lainnya. Hingga mendapatkan wawasan yang luas dan martabat keilmuan yang spesial. Kemudian ia merantau ke Baghdad pusat Dinasti Abbasiyah yang merupakan pusat peradaban dan keilmuan.

Karya-Karyanya
Sibawaih sendiri memiliki karya utama berupa: ruang lingkup al-Kitab, manuskrip, publikasi, dan translasi karya. Al-Kitab dalam konteks persaingan antara fiksi Kufah dan Basrah, orisinalitas pemikiran Sibawaih dalam al-Kitab, pengaruh pemikiran gramatikal Sibawaih terhadap pemikiran gramatikal ahli gramatik setelahnya.

Sibawaih merupakan orang yang mencurahkan hidupnya untuk ilmu. Bahkan istri beliau merasa tidak senang terhadap aktivitas Imam Sibawaih yang lebih mesra dengan buku-buku dibanding dirinya. Oleh karena itu, ketika Imam Sibawaih pergi, istri beliau membakar buku-buku dan karya tulisnya, hingga semuanya lenyap dilalap api kecuali satu Al-kitab tersebut.

Karya Sibawaih yang terkenal dengan nama al-Kitab tersebut semakin mendapatkan jayanya pada akhir abad ke-8, membuktikan kehidupan dan perkembangan linguistik Arab, terutama di bidang ilmu Nahwu. Dari penelaahan tentang bahasa Arab, dia telah menghasilkan perolehan asumsi, hipotesis dan teori tentang bahasa Arab. 

Prestasi awal yang dicapainya yakni dengan terkenalnya Kitab Sibawaih tersebut. Kitab tersebut merupakan karya yang paling awal dalam disiplin ilmu tata bahasa. Diriwayatkan pula bahwa beliau sebelumnya telah menulis beribu-ribu halaman dan tidak diberi nama pengarang dikarenakan beliau wafat ketika berumur empat puluh tahun. 

Beliau pun belum menyiapkan muqaddimah (pembukaan) serta penutupnya untuk yang sudah ditulisnya. Dan kitab tersebut adalah satu-satunya karya bahasa Arab yang agung dan telah menjadi referensi utama bagi seluruh ulama dan umat islam di dunia. al-Kitab pada awalnya dimaksudkan untuk dipakai dalam membangun metodologi lengkap untuk menjelaskan korpus bahasa Arab terutama sistem infleksinya (I’rab). 

Karya Sibawaih juga terbagi ke dalam 3 bagian utama yaitu:

Bagian pertama menjelaskan aturan-aturan mengenai sintaksis dan masalah-masalah yang berkaitan dengannya seperti pembagian kata ke dalam kata benda,kata kerja dan pertikel.
Kemudian kedua mendeskripsikan aturan-aturan morfologis dan masalah-masalah yang berkaitan dengannya seperti kata dasar, imbuhan, dan pola-pola morfologis.
Bagian ketiga mendiskusikan aturan-aturan fonetik atau fonologi dan perubahan morfofonemis.
Metode Analisis Kebahasaan Imam Sibawaih
Model analisis kebahasaan Sibawaih tersebut, menurut Bakalla, mengingatkan kita kepada teori-teori linguistik modern terutama teori-teori gramatika generatif yang aturan-aturan gramatikalnya disusun dengan cara yang serupa, dari sintaks melalui morfologi sampai fonologi. Fakta-fakta tersebut yang mendorong sejarawan dalam bidang bahasa Arab untuk menyebut karya Sibawaih sebagai “The Grammatical Analysis Par Excellence of The Arabic Language”, dan sebagai studi yang paling sempurna mengenai bahasa Arab. 

Dalam mendiskusikan materi pembahasannya dalam al-Kitab Sibawaih banyak mengutip ayat-ayat al-Qur’an di dalamnya, meskipun kutipan tersebut tidak lebih banyak dibandingkan dengan puisi-puisi yang ditulis pada masa sebelum Islam.

Menurut Ahmad Sulayman Yaqut (dalam Ali, 2009:25) mengatakan bahwa Sibawaih telah mengikuti metode deskriptif dan perspektif pada penulisan ilmu nahwu, sorof, dialek, bahasa syair dan prosa. Metode deskriptif bermaksud mengkaji bahasa pada masa dan tempat tertentu. Pada penelitian yang ditulis Sibawaih dalam kitabnya terdapat kajian-kajian yang dikhususkan dengan ilmu linguistik yang membandingkan dalam beberapa bab antara bahasa Arab dan bahasa Farsi. Dan objek penelitian dalam kitab tersebut adalah menggambarkan fonetik, fenomena bahasa Arab dan fonologi, dialek, dan bahasa syair.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI MAMA ILYAS CIBITUNG JAWA BARAT - SEJARAH KEHIDUPAN MAMA ILYAS CIBITUNG.

Assalamualaikum Wr. Wb   Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya  akan sedikit mengisahkan kepada kalian mengenai Waliyulloh dari Cibitung yang sering kita semua datang saat haolannya yaitu KH. MUHAMMAD ILYAS atau sering di sebut MAMA CIBITUNG, Selain itu juga KH. MUHAMMAD ILYAS (MAMA CIBITUNG) adalah salah satu diantara guru besar  KH. HILMAN FAUZI YAHYA CIHAMPELAS.  Dilansir dari  situs Kompasiana.com  di bawah ini merupakan biografi lengkap dari KH. MUHAMMAD ILYAS (MAMA CIBITUNG). “Tulisan ini masih bersifat sementara. Kepada semua fihak mohon koreksi dan memberikan data yang lebih lengkap” (HA.Saeful Mu’min Cihampelas) 1. Nama lengkap :  KH. MUHAMMAD ILYAS 2. Nama Panggilan :  MAMA CIBITUNG 3. Tempat, Tgl. Lahir : Lembur Gede Cibitung, Th. 1836 M 4. Wafat, Maqbaroh : Th 1953 (usia 117 th), Sukamanah Cibitung. 5. Nasab Ayah : Mama KH. Ali Lembur Gede Cibitung bin Embah Rahya Bogor Bin Hamdan Bogor berasal dari keturunan Dalem Sawidak Sukapura Singaparna Tasikmalaya.

PENJELASAN MATAN JURUMIYAH DAN I'ROB JURUMIYAH LENGKAP BAHASA SUNDA PDF

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh Alhamdulillah dalam kesempatan kali ini, saya akan membagikan file pdf penjelasan kitab jurumiyah bahasa sunda. Semoga bermanfaat. Kitab Salafiah Pesantrean Penjelasan Matan Jurumiyah by KH. Ahmad Maki Bahasa Sunda bertema menjeaskan Ilmu Nahwu dalam kitab matan Aj Jurumiah Imam As Shanhaji dengan penjelasan bahasa sunda dan tulisan pegon sunda Arab Sunda dilengkapi dengan loga gantung bahasa sunda dan terjemaha bahasa sunda. FILE PDF PENJELASAN MATAN JURUMIYAH BY KH. AHMAD MAKI BAHASA SUNDA.

PESANTREN NURUL HIDAYAH CIHAMPELAS - SEJARAH TERBENTUKNYA MAJELIS DZIKIR MANAKIB SYEKH ABDUL QODIR JAILANI Q.S

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh Majlis Ta'lim dan Dzikir Manakib Syekh Abdul Qadir Jaelani R.A Cihampelas Bandung Barat. Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya akan sedikit bercerita mengenai majelis ta'lim dan dzikir manakib Dzikir manaqib Syaikh Abdul Qadir Jailani R.A Cihampelas Bandung barat . APA ITU MAJELIS TA'LIM DAN DZIKIR MANAKIB SYEKH ABDUL QODIR JAILANI R.A CIHAMPELAS KBB ? sumber foto Majelis ta'lim dan dzikir manakib syekh Abdul Qadir Jaelani Cihampelas Bandung barat adalah pengajian rutin bulanan yang di selenggarakan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Assalafiyah Al-islamiyah Cihampelas  pimpinan KH. Hilman Fauzi Yahya bin KH. Sodiqin Cihampelas  yang beralamat dan bertempat di Kampung Pasar Rt. 05 Rw. 02 (belakang pasar Cihampelas Bandung barat). SEJARAH TERBENTUKNYA MAJLIS TA'LIM DAN DZIKIR MANAKIB SYEKH ABDUL QODIR JAILANI R.A CIHAMPELAS Majlis ta'lim dan dzikir manakib syekh Abdul Qadir Jaelani r.a Ciham

MENGENAL LEBIH DEKAT USTADZ DENI PIMPINAN YAYASAN MARIYATUL WASILAH DI KAMPUNG SAAR SUKAMULYA CILILIN - JABAR

KH. DENI RAUF RAMDANI - KP SAAR SUKAMULYA, di usia tuanya masih “berjuang fiisabilillah sendirian” Assalamualaikum Wr. Wb.... Alhamdulillah dalam kesempatan kali ini  saya membuat artikel mengenai guru saya sendiri yaitu ustadz Deni Rauf Ramdani. Semoga artikel ini bisa mengobati kerinduan para  alumni santri dan santriwati Nurul wasilah (yayasan mariyatul wasilah) Amiin yarobal alamiin........ Bandung Barat, Rabu 1 Juni 2022 ( esafadilah123.blogspot.com )  – Pada Lipsus Pesantren kali ini, tim berkunjung ke Yayasan Mariyatul Wasilah Cililin – Bandung Barat, tepatnya di Kampung Saar Sukamulya Rt. 02 Rw. 08 Desa Karangtanjung Kecamatan Cililin. Yayasan Mariyatul Wasilah yang memiliki lebih dari lima puluh santri ini berdiri sejak tahun 1990 (data masih kurang akurat) dan dipimpin oleh KH. Deni Rauf Ramdani (pak. Deni). Ustadz Deni Rauf Ramdani pria kelahiran CILILIN – Bandung Barat ini awalnya adalah santri di pesantren salafi Nurul Falah Cililin. Tetapi

AMALAN SUPAYA BISA BERTEMU DENGAN ORANG YANG SUDAH WAFAT

DOA SUPAYA BISA BERTEMU DENGAN ORANG YANG SUDAH WAFAT. وَمِنْ ذَلِكَ إِذَا أَرَادَ رُؤْيَا مَيِّتِهِ فِي مَنَامِهِ حَدَّثَ أَبُو مُحَمَّدٍ هَارُونُ بْنُ مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ هَمَّامٍ قَالَ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَالٍ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُسَيْنٍ الصَّائِغُ قَالَ حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ وَأَعْطَانِيهِ فِي رُقْعَةٍ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ الطَّحَّانُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ بَعْضِهِمْ عَلَيْهِمُ السَّلَامُ قَالَ إِذَا أَرَدْتَ انْ تَرَى مَيِّتَكَ فَبَتْ عَلَى طُهْرٍ وَانْضَجَعْ عَلَى يَمِينِكَ وَسَبِّحْ تَسْبِيحَ فَاطِمَةَ عَلَيْهَا السَّلَامُ ثُمَّ قُلْ اللَّهُمَّ أَنْتَ الْحَدُّ الَّذِي لَا يُوصَفُ وَالِايِمَانُ يُعْرَفُ مِنْهُ مِنْكَ بَدَتِ الْأَشْيَاءُ وَاِلَيْكَ تَعُودُ فَمَا اَقْبَلَ مِنْهَا كُنْتَ مَلْجَأَهُ وَمَنْجَاهُ وَمَا اَدْبَرَ مِنْهَا لَمْ يَكُنْ لَهُ مَلْجَاءَ وَلَا مُنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ فَأَسْئَلُكَ بِلَا اِلٰهِ إِلَّا أَنْتَ وَأَسْئَلُكَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِي

DALIL MEMULIAKAN MALAM NISFU SYA'BAN

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang malam nisfu sya'ban. Dalil menghidupkan/ memuliakan malam nisfu sya'ban terdapat dalam kitab durratun nasihin bab keutamaan bulan sya'ban Adapun gambaran isi kitabnya sebagai berikut: Dari pada Abu Hurairah r.a : Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم telah bersabda : أَتَانَى جِبْرِيلُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، وَقَالَ يَا مُحَمَّدُ هَذِهِ لَيْلَةٌ تُفْتَحُ فِيهَا أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَأَبْوَابُ الرَّحْمَةِ، فَقُمْ وَصَلّ وَارْفَعْ رَأْسَكَ وَيَدَيْكَ إِلَى السَّمَاءِ. فَقُلْتُ يَا جِبْرِيلُ مَا هَذِهِ اللَّيْلَةُ؟ فَقَالَ: هَذِهِ لَيْلَةٌ تُفْتَحُ فِيهَا ثَلَاثَمِائَةِ بَابٍ مِنْ الرَّحْمَةِ، فَيَغْفِرُ اللَّهُ تَعَالَى لِجَمِيعِ مَنْ لَا يُشْرِكُ بِاَللَّهِ شَيْئًا إِلَّاّ مَنْ كَانَ سَاحِرًا أَوْ كَاهِنًا أَوْ مُشَاحِنًا أَوْ مُدْمِنَ خَمْرٍ أَوْ مُضِرًّا عَلَى الزِّنَا أَوْ اكْلَ الرِّبَا أَوْ عَاقَ الْوَالِدَيْنِ أَوْ النَّمَامَ أَوْ قَاطِعَ الرَّحِمِ، فَ

RAHMAT FAMILY STORE - PUSAT GROSIR KAOS DISTRO PALING MURAH DAN BERKUALITAS DI CILILIN KBB.

RAHMAT FAMILY STORE  - Grosir Kaos Distro paling murah dan berkualitas terbesar di Cililin KBB. Assalamualaikum wr. wb Kami  Ucapkan Selamat Datang di Rahmat Family Store Official  Grosir Kaos Distro Berkualitas, anda sangat beruntung hari ini, Mengapa Karena kami  Pusat grosir kaos distro Langsung Dari Pabrik ingin mengajak Anda buka peluang usaha dengan bentuk penawaran Pakaian clothing kaos distro original Branded terbaik di Bandung  hanya disini satu satunya Supplier Baju Kaos Distro berkualitas dan murah  tentunya, Tersedia puluhan model motif keren  kami tawarkan special Reseller  Harga Grosir Bagi Siapapun yang ingin Berjualan Kaos Distro Termasuk Anda. Bingung mau buka usaha tapi modal minim ? Tenang kami Rahmat Family Store bisa membantu anda untuk memberikan penawaran Special Paket Harga Khusus Usaha Reseller  sehingga biaya lebih hemat bagi anda yang ingin menjual kembali edisi bulan puasa sebentar lagi buruan stock mulai skarang min order mulai dari

"𝗠𝗮𝗻𝗮𝗸𝗶𝗯 𝗦𝘆𝗲𝗶𝗸𝗵 𝗔𝗯𝗱𝘂𝗹 𝗤𝗮𝗱𝗶𝗿 𝗔𝗹-𝗝𝗮𝗶𝗹𝗮𝗻𝗶: 𝗗𝗼𝗮, 𝗣𝗲𝗻𝗴𝗮𝗷𝗮𝗿𝗮𝗻, 𝗱𝗮𝗻 𝗞𝗲𝘂𝘁𝗮𝗺𝗮𝗮𝗻 𝗦𝗽𝗶𝗿𝗶𝘁𝘂𝗮𝗹𝗶𝘁𝗮𝘀 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗞𝗶𝘁𝗮𝗯 '𝗝𝗮𝘄𝗮𝗵𝗶𝗿𝘂𝗹 𝗠𝗮'𝗮𝗻𝗶' 𝗕𝗮𝗴𝗶𝗮𝗻 𝟭𝟰"

"𝗠𝗮𝗻𝗮𝗸𝗶𝗯 𝗦𝘆𝗲𝗶𝗸𝗵 𝗔𝗯𝗱𝘂𝗹 𝗤𝗮𝗱𝗶𝗿 𝗔𝗹-𝗝𝗮𝗶𝗹𝗮𝗻𝗶: 𝗗𝗼𝗮, 𝗣𝗲𝗻𝗴𝗮𝗷𝗮𝗿𝗮𝗻, 𝗱𝗮𝗻 𝗞𝗲𝘂𝘁𝗮𝗺𝗮𝗮𝗻 𝗦𝗽𝗶𝗿𝗶𝘁𝘂𝗮𝗹𝗶𝘁𝗮𝘀 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗞𝗶𝘁𝗮𝗯 '𝗝𝗮𝘄𝗮𝗵𝗶𝗿𝘂𝗹 𝗠𝗮'𝗮𝗻𝗶' 𝗕𝗮𝗴𝗶𝗮𝗻 𝟭𝟰" الّٰلهُمَّ انْشُرْ نَفَحَاتِ الرِّضْوَانِ عَلَيْهِ وَاَمِدَّنَا بِالاَسْرَارِ الَّتِی اَوْدَعْتَهَا لَدَيْهِ ۞ Ya Allah, tebarkanlah semerbak wewangian keridloanmu terhadap Beliau (Syeikh Abdul Qadir) dan beri kami pertolongan dengan asror yang Engkau titipkan kepada Beliau. ۞ وَكَانَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ يَقُوْلُ – وَهُوَ مِنْ بَابِ التَّحَدُّثِ بِالنِّعْمَةِ لِقَوْلِه تَعَالى : وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ -۞ Dan Beliau Syeikh Abdul Qodir Al Jailany berkata ( perkataan ini adalah bagian dari menampakkan nikmat - nikmat Allah, karena Allah telah berfirman  " Terhadap nikmat TuhanMu hendaklah engkau nyatakan") ۞  : كُلُّ وَلِىٍّ عَلَى قَدَمِ نَبِىٍّ ۞    "Semua wali mengikuti jejak langkah para nabi, ۞  و

MENGENAL SHOLAWAT BASYAIRUL KHAIRAT SYEKH ABDUL QODIR JAELANI Q.S

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai faedah dan keutamaan shalawat Basyairul Khairat sulthanul auliya (rajanya para wali), yaitu Sayyidi Syekh Abdul Qadir al-Jilani r.a. Semoga dengan adanya artikel ini kita bisa lebih rajin lagi membaca sholawat Basyairul Khairatnya. "Aamiin ya rabbal alamiin" Dikutip dari situs NU online di bawah ini merupakan keutamaan dan faedah sholawat basyairul khairat. Salah satu shalawat kepada Nabi Muhammad saw yang sangat banyak faedah dan manfaatnya adalah shalawat Basyairul Khairat. Shalawat ini ditulis langsung oleh ulama yang memiliki gelar sulthanul auliya (rajanya para wali), yaitu Sayyidi Syekh Abdul Qadir al-Jilani (di Indonesia populer dengan sebutan "al-Jailani", red). Di balik masyhurnya shalawat Basyairul Khairat  Masyhurnya shalawat Basyairul Khairat  tidak lepas dari nama besar Syekh Abdul Qadir al-Jilani, sos

IS'ADUR ROFIQ - MAKSIAT TELINGA

فصل ومن معاص الأذن الإستماع ﴿فصل ومن معاص الأذن الإستماع﴾ من المكلف ﴿ على  كلام قوم } يكرهون اطلاعه عليه بأن علم أنهم ﴿أخفوه عنه﴾ قال تعالى ولاتجسسوا وقال من استمع الى حديث قوم وهم له كارهون  صب فى أدنه الانك بالمد وضم النون الرصاص المذاب يوم القيامة وقال ولا تنافسوا ولاتحاسدوا والتجسس بالحا والجيم معناه طلب معرفة الأخبار وقيل بالمهملة أن تتسمعها بنفسك وبالجيم أن تفحص عنها بغريك وقيل ألأول استماع حديث القوم والثاني البحث عن العورات وعلى كل ففي الاية والحديث النهى الأكيد عن البحث عن أمور الناس المستورة وتتبع عوراتهم وعن استراق ما يجرى فى دار جاره نعم إن أخبره عدل بأنهم مجتمعون  على معصية كان له الهجوم عليهم بلا استئذان قاله الغزالى أما سماعه بلا قصد فلا يحرم كما يأتي ﴿و﴾ منها الاستماع ﴿إلى﴾ التزمير بنحو ﴿المزمار﴾ بكسر الميم ﴿و﴾ إلى الضرب بنحو ﴿الطنبور﴾ بضم الطاء كصنج بفتح أوله وهو صفر يجعل عليه أوتار  يضرب بها أو قطعتان من صفر تضرب إحداهما بالأخرى ﴿و﴾ كذا فى شيء من ﴿سائر﴾ أي باقى ﴿الأصوات المحرمات﴾ المطربه وغيرها من الأوتار وغيرها لأن اللذة الحاصلةمنها تدعو إلى فساد كرشب خمر