Influencer Islami adalah individu yang memiliki pengaruh di media sosial dan secara aktif membagikan konten yang berkaitan dengan nilai-nilai Islam, gaya hidup Islami, atau dakwah. Mereka menggunakan platform online untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan, berbagi pengetahuan, memberikan inspirasi, atau mempromosikan produk dan layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
Secara umum, siapa saja yang dapat memengaruhi massa untuk melakukan sesuatu maka ia sebenarnya memiliki kemampuan influencer.
Menurut kamus Merriam Webster, influencer diartikan sebagai orang yang memberikan pengaruh atau menginspirasi dalam membimbing tindakan orang lain.
Dalam konteks bisnis, influencer adalah seseorang yang mampu memengaruhi, mengoordinasi, dan mendorong kreator untuk menciptakan sebuah produk baru.
Sementara itu dalam konteks digital terutama media sosial, influencer merupakan istilah yang merujuk pada seseorang dengan pengikut banyak di media sosial.
Jenis-Jenis Influencer
Di era digital seperti sekarang, influencer dapat dilihat sebagai pekerjaan atau peluang karier yang cukup menjanjikan.
Menurut buku The Boss (Best on SEO & SEM) (2020), jenis-jenis influencer bisa dibedakan dari jumlah pengikut dan media yang digunakan untuk melakukan promosi barang.
1. Mikro influencer
Pertama ada mikro influencer, yaitu influencer dengan jumlah pengikut sekitar 10 ribu atau kurang dari itu.
Kekuatan mikro influencer adalah keterikatan atau engagement dengan pengikutnya. Menurut hasil studi, kemungkinan konsumen membeli produk rekomendasi mikro influencer 82 persen.
2. Makro influencer
Kedua ada makro influencer, yaitu influencer dengan jumlah pengikut sekitar 100 ribu. Sosok makro influencer ini memungkinkan cukup terkenal meski tidak terlalu tenar seperti selebritas.
Makro influencer mempunyai potensi untuk mempromosikan suatu produk ke lebih banyak orang, bahkan bisa membuat produk tersebut terlihat eksklusif.
3. Premium influencer
Ketiga ada premium influencer, yaitu top influencer dengan jumlah pengikut paling banyak di atas 100 ribu bahkan bisa mencapai jutaan.
Persentase pembelian produk dari rekomendasi premium influencer mungkin tidak sebesar influencer lain. Namun tetap dinilai menjanjikan karena bisa menjangkau pesan sangat luas.
Jenis-Jenis Influencer dari Platform yang Dipakai
Dirangkum berbagai sumber, berikut beberapa jenis atau kategori influencer berdasarkan platform yang dipakainya.
1. Blogger
Blogger influencer adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan memengaruhi pembacanya dari apa yang mereka tulis melalui situs blog.
Konten blog yang ditulis influencer ini bisa bermacam-macam. Misalnya ulasan atau review suatu produk, tempat, pelayanan dan jasa, hingga pengalaman tertentu.
Cara kerja blogger influencer yaitu memberikan berbagai macam ulasan di blognya, lalu ditulis mendetail serta panjang sehingga pembaca bisa puas karena mendapat informasi jelas.
2. YouTuber
Influencer YouTube atau YouTuber adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan memengaruhi pengikutnya melalui tontonan atau konten yang ditayangkan di platform YouTube.
Konten YouTube yang ditampilkannya bisa beragam sesuai dengan fokus masing-masing. Contohnya YouTuber travelling, beauty dan fashion item, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Cara kerja influencer YouTube yaitu membagikan ulasan terhadap suatu produk yang nantinya mereka tayangkan di konten YouTube untuk ditonton oleh para pengikutnya.
3. Selebgram
Selebritas Instagram atau selebgram adalah public figure yang memanfaatkan kepopulerannya melalui platform Instagram.
Selebgram ini mempunyai kemampuan memengaruhi pengikutnya melalui konten-konten yang mereka buat sendiri, seperti foto hingga video.
Cara kerja selebgram influencer adalah membuka layanan endorsement, paid partnership, hingga paid promote pada suatu produk, dengan harapan para pengikutnya bisa tertarik membeli dan meningkatkan penjualan terhadap suatu produk.
Itulah penjelasan tentang pengertian influencer, jenis-jenisnya sesuai platform, serta cara kerjanya dalam memengaruhi orang banyak.
Referensi/Sumber informasi: Ringkasan dari AI
Editor: CENG ESA FADILAH (KANG UES)
Kolumnis: CENG ESA FADILAH (KANG UES), Alumni Ponpes Nurul hidayah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
Komentar